Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan PAUD

education, school, nursery-4520228.jpg

Apa Itu Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka PAUD adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Kurikulum Merdeka tingkat PAUD sering disebut dengan Merdeka Bermain karena proses pembelajarannya yang bertujuan agar anak memiliki persepsi bahwa belajar itu menyenangkan, bukan memberatkan. ‚ÄúDalam konteks Pendidikan anak usia dini, Merdeka Belajar itu adalah Merdeka Bermain. Karena bermain adalah belajar. Nah ini merupakan sebuah tema yang penting untuk anak usia dini yang harus terus kita kuatkan, karena kita ingin melawan miskonsepsi-miskonsepsi untuk anak usia dini”, kata Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril.

Ciri Khas Kurikulum Merdeka

1. Berpusat Pada Materi Penting

Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan. Kegiatan bermain bermakna sebagai proses belajar yang utama, di mana jelas terlihat keterkaitan kegiatan dengan tujuan pembelajaran, serta juga menggunakan sumber belajar nyata dari lingkungan sekitar.

2. Fleksibel

Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

3. Pembelajaran Berbasis Projek

Pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila karena itu di desain berbasis projek untuk model pembelajarannya. Pembelajaran melalui kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

Sementara itu, konsep Kurikulum Merdeka PAUD atau karakteristik utama Kurikulum Merdeka di jenjang PAUD adalah sebagai berikut:

  1. Menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar.
  2. Menguatkan relevansi PAUD sebagai fase fondasi (bagian penting dari pengembangan karakter dan kemampuan serta kesiapan bersekolah di jenjang selanjutnya).
  3. Menguatkan kecintaan pada dunia literasi dan numerasi sejak dini.
  4. Adanya proyek penguatan profil pelajar pancasila.
  5. Proses pembelajaran dan asesmen yang lebih fleksibel.
  6. Hasil asesmen digunakan sebagai pijakan guru untuk merancang kegiatan bermain dan pijakan orang tua dalam mengajak anak bermain di rumah.
  7. Menguatkan peran orang tua sebagai mitra satuan.

Leave a Reply

Shopping Cart
%d bloggers like this: